You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Sugihmukti

Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat

Selamat Hari Lingkungan Hidup #HanyaSatuBumi


Selamat Hari Lingkungan Hidup #HanyaSatuBumi

Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 diprakarsai oleh Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP) dan diadakan setiap tahun pada 5 Juni sejak 1973. Hari Lingkungan Hidup Sedunia adalah platform global terbesar tentang lingkungan dan dirayakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Tahun ini Swedia menjadi tuan rumah peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia.
Hari Lingkungan Hidup Sedunia dimunculkan  untuk mempromosikan isu lingkungan. Agenda pentingnya adalah menampakkan peran manusia pada isu-isu lingkungan, menjadikan manusia sebagai agen aktif keberlanjutan dan pengembangan yang adil, mempromosikan pemahaman bahwa komunitas memainkan peran penting dalam mengubah sikap terhadap isu-isu lingkungan dan mengadvokasi kerja sama yang akan menjamin seluruh bangsa dan manusia menikmati masa depan yang aman dan sejahtera. Hari Lingkungan Hidup Sedunia menggunakan pendekatan membangun kesadaran, mendukung anggota masyarakat untuk menyuarakan pikiran mereka dan melakukan yang terbaik untuk memperbaiki lingkungan.
Desa Sugihmukti memiliki lingkungan dengan sumber daya alam yang melimpah. Sehingga bentang alam Desa Sugihmukti sangat penting sebagai zona penyangga bagi kehidupan masyarakat setempat. Bentang alam Desa Sugihmukti menyediakan berbagai jasa lingkungan sebagai penopang utama kehidupan masyarakat. Namun persoalannya, melimpahnya sumber daya alam Desa Sugihmukti boleh jadi berpotensi memiliki ancaman serius. Perusahaan maupun masyarakat yang menikmati keberadaan alam yang sudah disediakan tersebut juga bagian dari yang memberikan dampak. Misalnya adalah hutan yang mulai terdegradasi menjadi kebun, masyarakat yang kurang peduli dengan kelestarian lingkungan, perburuan liar, pembalakan liar, penggunaan pestisida kimia berlebih, buangan sampah sembarangan, dan masih banyak lagi. Kasus ini menunjukkan bahwa terdapat ancaman ekologis dan sosial bagi masyarakat desa.
Untuk mengantisipasi terjadinya hal tersebut, Pemerintah Desa Sugihmukti bersama PT Geo Dipa Energi (Persero) dan Burung Indonesia melakukan berbagai kegiatan untuk menyelamatkan alam dan lingkungan Desa Sugihmukti. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan melakukan penanaman pohon, pengolahan sampah yang baik, monitoring keanekaragaman hayati, sosialisasi dan edukasi lingkungan, serta kegiatan lainnya.
Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2022 PBB mengambil tema “Hanya Satu Bumi” atau "Only One Earth" dengan slogan: Di semesta, ada miliaran galaksi, Di galaksi, ada miliaran planet, tetapi #HanyaSatuBumi. Mari jaga bumi ini.
#HanyaSatuBumi
#OnlyOneEarth
#HariLingkunganHidupSedunia

Bagikan artikel ini:
Komentar