You must have JavaScript enabled in order to use this theme. Please enable JavaScript and then reload this page in order to continue.

Sistem Informasi Desa Sugihmukti

Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung, Prov. Jawa Barat

DANA DESA TAHUN ANGGARAN 2017


DANA DESA TAHUN ANGGARAN 2017

Dana Desa yang diterima oleh Desa Sugihmukti Tahun anggaran 2017 sebesar Rp. 1.287.095.000,- difokuskan untuk menuntaskan perbaikan jalan desa. Sebesar 94,27% digunakan untuk pembangunan jalan desa yag digunakan untuk membangun 2 ruas jalan yaitu jalan buni sari dan jalan kaca-kaca. Dan sisanya sebesar 1.46% digunakan untuk memperbaiki GOR sebagai sarana olah raga masyarakat yang akan dilaksanakan pada pencairan tahap II nanti dan 4.67% dialokasikan untuk modal Bumdes yang diharapkan dapat menjadi dukungan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

Pembangunan infrastruktur diharapkan dapat meningkatkan pelayanan pemerintahan serta mendorong perkembangan ekonomi wilayah dan menggerakkan kegiatan ekonomi masyarakat, meningkatkan kesejahteraan, mempercepat kemajuan ekonomi, memberikan akses bagi masyarakat untuk berusaha, menciptakan lapangan kerja, memperlancar arus barang dan jasa, serta menjamin tersedianya bahan pangan dan bahan pokok lainnya

 Jalan Bunisari merupakan infrastruktur yang sangat penting karena menjadi jalan satu-satunya yang dapat diakses menggunakan kendaraan yang menghubungkan tiga buah kampung di wilayah desa sugihmukti yaitu Kp. Musahar, Rancacangkuang dan Kp. Buni sari. Jalan ini menjadi sangat penting bagi masyarakat karena merupakan jalur yang digunakan untuk mengangkut hasil pertanian. Jalan ini juga merupakan akses satu-satunya menuju SMPN 2 Pasirjambu.

 

rabat beton

 

Peningkatan infrastruktur jalan Bunisari dilakukan pada tahun ini dengan menggunakan dana yang bersumber dari Dana Desa Tahun anggaran 2017. Biaya yang dianggarkan untuk Peningkatan infrastruktur jalan ini sebesar Rp. 960.180.000,- untuk  pembangunan TPT dan Rabat Beton.

Pembangunan jalan ini akan sangat berpengaruh dalam kehidupan dari berbagai sisi dan aspek, masyarakat akan mendapakan berbagai keuntungan dari pembangunan jalan ini, karena setiap aktivitas masyarakat tidak lepas dari jalan. Oleh karena itu pembangunan jalan adalah hal yang sangat penting bagi masyarakat dalam kehidupan.

Selain peningkatan infrastruktur Jalan Bunisari Dana Desa tahun anggaran 2017 juga dialokasikan untuk hotmix jalan kaca-kaca.  Dana desa yang dialokasikan untuk pengaspalan (hotmix) Jalan kacakaca adalah sebesar Rp. 253.153.000,- 

 

hotmix

 

Jalan kacakaca ini merupakan jalan akses penghasil sayuran terbesar dari Desa Sugihmukti, karena sepanjang jalur jalan ini merupakan perkebunan sayuran. Pembangunan jalan ini diharapkan dapat mempermudah pengangkutan hasil bumi sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya dibidang pertanian.

Selanjutnya 4.67%  atau sebesar Rp. 55.000.000,- dialokasikan untuk modal Bumdes.  Tahap pertama yaitu sebesar Rp. 27.500.000 oleh Bumdes Desa Sugihmukti digunakan sebagai modal usaha. Usaha yang dijalankan dari modal tersebut adalah menjual/ menyediakan pupuk pertanian dan gas LPG yang tentunya dengan harga yang relatif murah. diharapkan kedua usaha tersebut dapat menjadi dukungan terhadap peningkatan ekonomi masyarakat.

Bagikan artikel ini:
Komentar